KALAO MAU BACA POSTINGAN WAJIB COMMENT
Posting & Komentar

Thursday 5 March 2015

BISNIS ONLINE SHOP

KARYA ILMIAH
MATA KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
“BISNIS ONLINE SHOP”






  

                                                             


Disusun oleh:

Nama : Adi Yuda

Kelas : 14 S1-TI 06

NIM : 14.11.7990





STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman Yogyakarta
Telp. (0274) 884201-204 Fax. (0274) 884208




Bisnis Online Shop


ABSTRAK

             Teknologi internet semakin banyak dimanfaatkan oleh berbagai organisasi terutama organisasi bisnis. Kegiatan dunia usaha menggunakan teknologi internet adalah cara yang inovatif dalam melakukan kegiatan organisasi atau perusahaan untuk memasuki pasar di dunia maya yang disebut sebagai electronic business. Dengan memanfaatkan teknologi internet, organisasi atau perusahaan dapat melakukan berbagai kegiatan bisnis secara elektronik seperti: transaksi bisnis, operasi fungsi-fungsi organisasi, berbagi informasi dengan konsumen dan suplier untuk mempertahankan hubungan sebelum, selama dan setelah proses pembelian. Mengembangkan budaya wirausaha, mahasiswa dituntut untuk menjadi mahasiswa yang unggul dan berkarakter, yang salah satu indikatornya adalah dengan memiliki jiwa wirausaha dan mampu mengembangkannya menjadi nyata. electronic business merupakan salah satu jenis wirausaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yang tidak banyak menyita waktu, modal yang besar dan pengawasan yang rutin.
Pentingnya Bisnis Elektronik
Di Indonesia, pemanfaatan teknologi e-commerce dan website masih belum berkembang. Keadaan ini disebabkan oleh berbagai kendala seperti infrastruktur yang belum menunjang, kurangnya ketersediaan pekerja yang mengerti tentang teknologi informasi (IT), dan juga keterbatasan tingkat pendidikan si pemakai .



Tujuan :
  • .Agar mahasiswa mengenal elektronik bisnis.
  •  Memberi solusi untuk menumbuhkan dan mengembangkan wirausaha mahasiswa.
  • . Memperoleh pengalaman dalam berwirausaha.

Manfaat :
  • Meningkatkan pengetahuan dan wawasan kewirausahaan bagi mahasiswa.
  •  Menumbuhkan dan mengembangkan jiwa berwirausaha bagi mahasiswa.


ISI
1.Pengertian Wirausaha

             Secara sederhana arti wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan, berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti. Sedangkan definisi wirausaha mahasiswa adalah wirausaha yang pelaku utamanya adalah masih berstatus mahasiswa yang dilakukan disela-sela kuliahnya dengan pemanfaatan waktu yang sebaik mungkin untuk bisa mengaturnya. Wirausaha mahasiswa adalah cara pintar mencuri strategi sebelum menghadap dunia bisnis dan dunia kerja yang sebenarnya.

2.Pengertian Bisnis Online

             Bisnis Online adalah sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan perangkat computer dan software yang dibutuhkan dan terkoneksi ke jaringan internet. Perangkat computer tersebut bisa PC, laptop, notebook, netbook,softwarenya mozila firefox dan jikalau pakai modem ya driver modem itu sendiri. Bisnis online merupakan kegiatan bisnis yang memanfaatkan jaringan komputer untuk mencari uang tanpa harus kemana-mana kita bisa dapat uang. Dan dimasa sekarang untuk memulai usaha, walaupun tidak memiliki komputer atau software lainnya, mahasiswa tetap dapat membuka bisnis online shopnya lewat telepon genggam yang dimiliki para mahasiswa tersebut. Misalnya, Blackberry Smartphone sekarang menjadi salah satu jalur alternaltif untuk seorang mahasiwa yang ingin membuka usaha online shop. Lewat smartphone ini, mahasiswa dapat menjual produk-produknya lewat blackberry group dengan mengundang teman-tenan dalam blackberry kontaknya. Jadi dimasa sekarang baik komputer maupun telepon genggam dapat dijadikan sebagai sarana untuk membuka bisnis online tanpa banyak mengeluarkan modal, waktu, dan energi. Modal utama dalam membuka bisnis online yaitu memiliki jaringan untuk mengakses internet dan lebih baik jika dapat selalu aktif selama 24 jam.

3.Syarat Memulai Bisnis Online

  •  Akses Internet.
    Jangan khawatir jika anda tidak memiliki akses internet dirumah, anda bisa memulainya sengan menggunakan telepn genggam atau dari warnet dan jika ada yang menyediakan hostpot gratis kita bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan elektronik bisnis

  • Mempunyai Komputer/laptop.
    Tidak harus yang terbaru, bahkan tidak harus baru, bekas pun tidak masalah.Cicil pun tidak masalah, selama anda komit untuk menyelesaikan pembayaran dengan hasil dari Internet. Tidak menjadi syarat mutlak kalau kita harusmempunyai laptop sendiri, kita bisa menggunakan warnet dan lain-lain
  • .Pengetahuan Internet Dasar.
  1. a. Menulis di words.
  2. b. Bisa menggunakan web editor untuk mengedit atau membuat website sendiri.
  3. c. Bisa download, install, copy paste, browsing dan email.
  4. 4.Mempunyai panduan, system, gambaran besar, mentor untuk membimbing anda memulai dan menjalani bisnis anda.
  5. 5. Duit, ini juga syarat mutlak karena tanpa duit bagaimana kita melakukan bisnis,minimal buat bayar ongkos akses internet. Kesabaran dan ketekunan ini yang paling penting.


4.Untuk dapat berbisnis online ada beberapa syarat :

  • Membuat sebuah blog atau website.
     Blog atau website digunakan sebagai media dalam menjual, memasang, mempromosikan,memasarkan atau mencari peluang pangsa pasar produk maupun jasa dalam menjalin jaringan dibisnis online.
  •  Mendaftar di paypal
    Paypal adalah Salah satu alat pembayaran di internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman.Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original,keanggotaan situs,urusan bisnis, mengirim dan menerimadonasi atau sumbangan, mengirim uang kepengguna paypal lain. Jadi jika anda ingin berbisnis online di internet hendaknya memiliki akun di paypal.


Menjadi mahasiswa sambil mulai wirausaha merupakan hal yang baik. Sebab sejak dini bisa melatih diri menjadiwirausaha mandiri. Namun tidak elok juga jika kemudian keasyikan memulai bisnis membuat kuliah menjadi terbengkalai.
Ada tujuh tips mengatur waktu bagi mahasiswa wirausaha yang akan saya bagikan di sini.

  1. Bagi waktu anda sebaiknya-baiknya. Bagi waktu anda antara kuliah, bisnis, dan bersosialisasi. Mulai hari anda dengan selalu mengatur perencanaan anda hari ini, dan pastikan anda disiplin menjalankannya.
  2. Kerjakan tugas kuliah anda segera. Bila anda mendapatkan tugas kuliah, segera kerjakan biar cepat kelar. Matikan juga Facebook anda. Sering mungkin dalam pikiran anda “Saya main facebook dulu, baru garap tugasnya nanti”. Atau mencoba belajar sambil facebook-an. Dijamin itu tidak akan efektif. Yang terbaik tetaplah kerjakan tugas anda terlebih dulu sampai selesai.
  3. Belajar tetapkan prioritas anda. Seperti contoh pilihan untuk memainkan Facebook dan menyelesaikan tugas di atas, anda juga akan dihadapkan dengan berbagai pilihan-pilihan lainnya. Di sinilah anda belajar untuk mengatur prioritas anda. Apa yang terpenting dan terbaik, itulah yang harus anda prioritaskan.
  4. Soal memilih usaha, jika anda khawatir tidak punya banyak waktu untuk usaha anda, anda bisa pilih usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu. Cukup 1-3 jam sehari misalnya. Contohnya?
    Kalau di bisnis online misalnya bisa menjadi affiliate/reseler. Intinya yang cukup tidak banyak memakan waktu. Banyak bisnis online yang menawarkan afiliasi, salah satunya seperti produk jam slapia.
  5.  Saat libur kuliah adalah saat yang pas untuk membuat proyek wirausaha anda terwujud. Jika anda punya ide bisnis, saat liburan kuliah ini adalah saat yang tepat untuk ngebut mengeksekusinya.
  6.  Kalau anda memilih bisnis yang banyak memakan waktu, anda mungkin perlu kurangi waktu istirahat anda dan kurangi juga jam nonton televisi.
  7.  Kalau anda berbisnis online, saat anda sedang di kampus, anda bisa manfaatkan jamistirahat kuliah untuk mengecek bisnis online anda. Dari laptop, netbook, atau warnet, anda bisa pastikan bisnis tetap berjalan dengan baik selama anda tinggal kuliah tadi.
Kesimpulan
Dari isi makalah di atas dapat disimpulkan bahwa semua orang dapat melakukan bisnis online dengan syarat mempunyai blog atau website dan mempunyai komputer yang terhubung ke internet,juga harus memiliki akun paypal dan mematuhi aturan yang telah disepakati agar akun kita tidak diblokir.




SARAN
Cara melakukan bisnis online tidaklah sulit, tetapi semua hal perlu belajar.Jadi apabila anda berminat melakukan bisnis online sebaiknya anda belajartentang cara dan syarat-syarat untuk melakukan bisnis online.

Dafrtar Pustaka
Bahan-bahan yang saya dapat berasal dari berbagai sumber dari website atau situs dari google, seperti :
  • http://tarsiusharia92.blogspot.com/2012/05/v-behaviorurldefaultvmlo_7769.html

No comments:

Post a Comment

Klo udh baca Postingannya harus komen iya!! Wajib komen!