KALAO MAU BACA POSTINGAN WAJIB COMMENT
Posting & Komentar

Wednesday 11 November 2015

Tutorial Timelapse

Tutorial TIMELAPSE
Hallo Guys jumpa lagi sama gw nih, kali ini gw mau ngasih sedikit tutorial bagaimana cara membuat video timelapse untuk kalian semua nih. bagi kalian yang belum tau apa itu timelapse nih gw jelasin,
  • Timelapse adalah sekumpulan still foto yang diambil dengan periode yang beraturan untuk menggambarkan proses, pergerakan, atau perubahan suatu objek. lalu diproses editing dengan menambah kecepatan (speed Duration). misal, matahari terbenan atau terbit, pergerakan suasana kota, pergerakan bintang-bintang, siang-malam, dan lain sebagainya.
Timelapse mulai marak sejak kemunculan HDSLR. karena fungsi utama yang ada pada kamera DLSR yang mempunyai kemampuan mengambil foto diam dengan kualitas yang “WAHHHHH” alias kualitas PRO.tapi untuk ngebuat video timelapse gak semudah yang di baca loh gan, kalo di peraktekin pasti banyak banget kendala – kendalanya.

Nah kalau udah paham seluk beluknya mari kita mempersiapkan komponen – komponen penting dalam membuat Timelapse
1. Kamera DSLR









  • Siapkan kamera DSLR beserta dengan lensa yang disesuaikan dengan kebutuhan pengambilan gambar, serta memory card yang cukup besar untuk menampung file foto yang besar tersebut.

2. Tripod




  • Tripod sangat dibutuhkan dalam pembuatan timelapse untuk menghindari terjadinya goncangan yang diakibatkan angin/ hal lainnya. karena jika terjadi pergerakan sedikit akan membuat hasil frame per foto tidak bagus maka dari itu di perlukan stabilizer yakni tripod

3. Timer Remote/ Intervalometer



  • Timer Remote/ Intervalometer sangat diperlukan supaya tangan tidak perlu menekan-nekan shutter beratus-ratus kali, dan dapat menyebabkan efek gempa juga. pakailah cable release dengan pengaturan yang lengkap ( minimal ada mode interval ).
4. Cemilan



  • Cemilan sangat membantu dalam proses pembuatan Timelapse, karena waktu untuk menunggu sangatlah lama, agar kita tidak bosan kita bisa menikmati cemilan tersebut, janganl lupa ditambah kopi biar mantapss..
BAGAIMANA PROSES PEMBUATANNYA ???
Membuat video timelapse itu mudah, mungkin karena itu yang membuat kegiatan ini membosankan. tetapi menentukan angle, komposisi, itu yang membutuhkan jam terbang.
tetapkan angle, pasang kamera pada tripod.

  • set mode kualitas pengambilan foto dengan format JPG. supaya tidak memangkas memori terlalu banyak.
  • atur kamera pada mode Aperture Priority (A) atau (Av) pada Canon. mengapa? karena untuk mengatasi perbedaan cahaya yang berbeda-beda, seperti ketika sedang merekam sunrise, kamera akan secara otomatis hanya akan mengganti kecepatan shutter. jadi, tidak peduli seberapa besar pergantian cahaya yang terjadi, kamera akan tetap merekam proses yang stabil, tidak ‘blips’ atau kedip-kedip karena ada perbedaan tingkat pencahayaan tiap frame.
  • atur intervalometer/timer remote anda. katakanlah dengan melihat pergerakan awan, atau manusia, atau objek yang lain, anda ingin memotret setiap 3 detik. maka atur remote untuk mengambil gambar setiap 3 detik. apabila pergerakan objek lebih cepat, maka percepat juga intervalnya. tiap satu detik mungkin. supaya dapat merekam pergerakan yang halus.
  • tekan Auto Exposure Lock, supaya kamera tidak secara otomatis mengatur pencahayaan, hal itu dapat mengakibatkan Blips, atau efek kedip pada gambar.
  • tekan shutter, dan tunggulah di samping tripod. pengambilan gambar bisa sampai 30 menit- hingga berjam-jam. dan mengambil gambar hingga ribuan foto. itulah mengapa siapkan SD Card yang cukup.
Proses Editing
seperti yang dikatakan sebelumnya, eksekusi foto timelapse dalam proses editing adalah dengan mempercepat playback speed. supaya ketika diputar (play) pergerakan gambar antar frame menjadi halus dan mengurangi gerak patah-patah. dalam hal ini saya menggunakan Adobe After Effect
Demikian tutorial cara membuat timelapse Photography dari saya, terimakasih sudah berkunjung di blog yang hina ini..:D
contoh video timelapse dari youtube yang pernah saya buat Icon Yogyakarta ,Tugu Yogyakarta Timelapse


No comments:

Post a Comment

Klo udh baca Postingannya harus komen iya!! Wajib komen!