KALAO MAU BACA POSTINGAN WAJIB COMMENT
Posting & Komentar

Thursday, 24 January 2013

Pariwisata Banjarneggara




Kabupaten Banjarnegara, adalah sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibukotanya namanya juga Banjarnegara.

Ini Peta Banajarneggara


Jawa Tengah ya Jawa Tengah! gak ada sebelah mana-sebelah manaan! Jawa "TENGAH" ya berarti ditengah, bukan di belakang! Ya pokonya kota gue di jawa tengah lah.

Banjarnegara itu deket sama kota apa?

Banjarnegara itu kalo gak salah deket sama kota Jogja, Semarang, Wonosobo dan Purwokerto. Dan jalanan Banjarnegara itu klo lagi musim mudik jadi jalur lintas utama juga lho.

Emang apa sih yang jadi ciri khas di kota BANJARNEGGARA Pariwisata Banjarenggara, sebenernya banyak banget sih, tapi gue contoin beberapa ya . 




Dataran Tinggi Dieng



   Dataran tinggi Dieng merupakan dataran yang terbentuk oleh kawah gunung berapi yang telah mati. Bentuk kawah jelas terlihat dari dataran yang terletak di tengah dengan dikelilingi oleh bukit-bukit. Sebelum menjadi dataran, area ini merupakan danau besar yang sekarang tinggal bekas-bekasnya berupa telaga. Bekas-bekas kawah sampe saat ini, kadang-kadang masih menampakan aktivitas vulkanik, misalnya pada kawah Sikidang. Disamping itu juga aktivitas vulkanik, yang berupa gas / uap panas bumi dan dialirkan melalui pipa dengan diameter yang cukup besar, dan dipasang di permukaan tanah untuk menuju ke lokasi tertentu yang berada cukup jauh dari lokasi pemukiman penduduk dan dimanfaatkan untuk Pembangkit Tenaga Listrik Panas Bumi. Dengan kondisi topografi, pemandangan alam yang indah dan situs-situs peninggalan purbakala yang berupa candi, sehingga Dataran tinggi Dieng mempunyai potensi sebagai tempat rekreasi dan sekaligus obyek peninggalan sejarah yang menarik yang nggak kalah sama puncak bogor.


The Pikas dan Banyuwong Operator Arung Jeram Sungai Serayu



Konon Pikas kepanjangan Pinggir Kali Serayu. Pikas nama untuk out bond sedangkan sebagai operator arung jeram sungai Serayu mereka menamakan diri Banyu Wong . Pikas dan Banyu Wong baru berdiri sekitar dua tahun. Dulu di Singomerto Banjarnegara hanya ada satu operator arung jeram yaitu Serayu Adventure, kini perintis Serayu Adventure yang base campnya di selatan Sungai Serayu keluar dari Serayu Adventure dan membuat baru di utara Sungai Serayu dengan nama Pikas dan Banyu Wong.
Untuk arung jeram ada beberapa paket yang ditawarkan dari arung jeram dengan rute terjauh dari 
  • Blimbing seharga Rp300.000 , /orang Jarak temuh 26 KM/ 5,5 Jam
  • dari Tunggoro Rp225.000,  /orang Jarak temuh 18 KM/ 4 Jam
  • dari Randegan Rp200.000,  /orang Jarak temuh 16 KM/ 3,5 Jam
  • dari Bojanegara Rp185.000,  /orang Jarak temuh 14 KM/ 3 jam
  • Tehe Pikas Rp175.000. / orang Jarak temuh 10 KM/ 2,5 jam

Waduk Mrican Banjarneggara

  

Waduk Mrica terletak 10 km dari kota Banjarnegara kearah barat. Wisata air ini memanfaatkan Bendungan Panglima Besar Soedirman yang mempunyai fungsi utama sebagai Pembangkit Listrik (PLTA). Bendungan ini mempunyai panjang 6,5 Km dan luas 1.250 Ha membuat bendungan atau waduk ini menjadi waduk terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara dan mempunyai kapasitas tenaga listrik sebesar 184,5 Mega Watt. Waduk ini membendung Sungai Serayu dan menjadi pembangkit listrik bagi Pulau Jawa. Selain fungsinya sebagai pembangkit listrik tenaga air, Waduk Mrica juga dimanfaatkan sebagai Wisata tirta serta budidaya ikan dengan sistim keramba yang banyak dilakukan oleh warga sekitar waduk.

TRMS Serulingmas Banjarneggara

     




Taman Rekreasi Margasatwa (TRMS) Seruling Mas terletak di kompleks Makam Ki Ageng Selamanik, di Lembah Sungai Serayu, kurang dari 1 kilo meter utara kota Banjarnegara. Sarana wisata yang ada di Taman Rekreasi Margasatawa Selamanik Seruling Mas antara lain : 
  • Taman satwa lengkap,
  • kolam renang dengan waterboom-nya
  • Arena permainan anak, Panggung hiburan,
  • Wisata arena pemancingan umum,
  •  juga terdapat Makam Ki Ageng Selomanik yang dikeramatkan.


Supported by :













4 comments:

  1. masih ada lagi gk bray?? kalo gk salah denger di banjarnegara ada kawah sikidang bray?? tmpatnya bagus gk bray buat huntig?? apa ada tempat lain yg lebih bagus buat hunting?? *penjelasannya bray tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok itu udah termasuk di daerah tinggi dieng bray

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kalo pikas hanya outbond aja bray?? ada karaokenya gk bray??

    ReplyDelete

Klo udh baca Postingannya harus komen iya!! Wajib komen!